7 Kebiasaan Saat Tidur Yang Merusak Rambut

Hello ladies... Rambut merupakan mahkota kepala yang mendukung penampilanmu semakin cantik alami. Merupakan hal yang harus selalu diperhatikan untuk menjaga keindahan dan kesehatannya, karena rambut yang tidak terawat dapat menyebabkan permasalahan pada rambut dan kulit kepala seperti ketombe, rambut rapuh, mudah rontok, mudah patah, bercabang dsb. Beberapa yang paling umum adalah kurang gizi pada rambut, kurangnya perawatan, ada penyakit tertentu yang mengakibatkan rambut rontok sebagai efek samping dari konsumsi obat obatan kimia perawatan rambut, atau terpapar polusi.

 7 Kebiasaan Saat Tidur Yang Merusak Rambut
Namun beberapa faktor lain yang dapat merusak rambut seperti dikutip dari beberapa penelitian adalah kebiasaan kebiasaan buruk pada rambut. Mungkin anda telah menjaga rambut dengan tepat, menutrisinya dan melakukan perawatan untuk rambut tetapi rambut mudah rontok, mungkin anda melakukan kebiasaan ini saat tidur. Dan berikut adalah beberapa kebiasaan saat tidur yang dapat merusak keindahan rambut:

Kebiasaan mengikat rambut saat tidur
Rambut yang biasa diikat kuat saat tidur akan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Pastikan untuk membiarkan rambut dapat bergerak dan longgar saat tidur, namun jika anda merasa terganggu dengan rambutmu yang panjang, kamu boleh mengikatnya tetapi pastikan longgar dan tidak boleh terlalu kencang. Mengikat rambut dengan ketat di malam hari juga bisa menyebabkan rambut putus dari akar, dan lebih banyak lagi yang rontok.

Kebiasaan tidur dengan rambut kotor
Ya mungkin karena kamu terlalu lelah dan letih dengan aktifitas harian sehingga kamu tidur dalam keadaan rambut kotor, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada rambut dan kulit kepala seperti rambut mudah rontok, kulit kepala gatal, ketombe, rambut lepek (berminyak) dsb. Jadi pastikan untuk mencuci rambutmu dan pastikan rambutmu bersih saat akan tidur.

Memakai produk perawatan rambut ketika tidur
Karena sibuk, banyak orang lupa untuk mencuci dan mengeringkan rambut mereka kemudian langsung mengusapkan produk, seperti serum, gel, dan sebagainya pada rambut mereka. Ini dapat membahayakan rambut karena produk tersebut akan melekat selama lebih dari 6 jam saat kamu tertidur. Bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut tersebut justru dapat membuat kerusakan pada rambut.

Tidur dengan rambut dalam keadaan masih basah
Rambut yang masih dalam keadaan basah sangat rapuh terhadap gesekan, sehingga banyak penelitian merekomendasikan untuk tidak menyisir rambut saat dalam kondisi basah. Hal ini juga berlaku ketika anda tertidur dengan rambut yang masih basah. Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut yang basah sangat rapuh dan gesekan dengan bantal juga bisa menghilangkan kelembapan kulit kepala.

Kebiasaan tidak menyisir saat tidur
Menyisir rambut berguna untuk memberikan ruang pada rambut untuk bernafas, mengaturnya agar lebih rapi dan mencegah kekusutan pada rambut. Menyisir rambut sebelum tidur dianjurkan untuk menghindari rambut kusut dan bercabang. Sisirlah rambut beberapa kali dengan lembut. Hal ini akan memberikan rambut anda tetap rapi dan sehat sampai anda terbangun dari tidur anda.

Menggunakan sarung bantal berbahan kasar
Bahan seperti katun, semi plastik relatif kasar dan gesekan konstan dapat membuat rambut Anda berubah menjadi kering dan rapuh. Gunakan bahan satin atau sutra sebagai gantinya.

Jarang mencuci sarung bantal
Jarang mencuci sarung bantal dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan penumpukan mikroba dalam rambut. Ini menyebabkan masalah seperti ketombe dan rambut rontok.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan " 7 Kebiasaan Saat Tidur Yang Merusak Rambut "

No comments:

Post a Comment