Cara Sederhana Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Mendengar kata "kanker" pasti kita bergidik dan terdengar menyeramkan, ya karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh terbesar di dunia dibawah penyakit jantung, stroke dan paru paru. Dan kanker payudara adalah pembunuh nomor dua setelah kanker serviks yang paling banyak membunuh wanita dari kategori penyakit kanker. Seperti dikutip dari situs resmi WHO (Badan Kesehatan Dunia) angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Cara Sederhana Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Seperti banyak peneliti kanker menyebut bahwa angka kematian yang terus meningkat disebabkan oleh deteksi dini yang diabaikan. Kebanyakan pasien akan memeriksakan diri setelah memasuki stadium tiga keatas atau stadium kronis sehingga sangat sulit disembuhkan pada stadium ini.

Padahal kebanyakan penderita kanker dapat disembuhkan peluang pasien kanker payudara sembuh mencapai 98 persen jika terdeteksi dini dan diobati secara medis seperti ditulis Antara, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menyebutkan. Berikut cara sederhana mendeteksi kanker payudara Sadari, pemeriksaan payudara sendiri, berdasarkan penjelasan Dokter Spesialis Onkologi Doddy Permadi.

1. Posisi berdiri dengan satu lengan di angkat. Lalu, tekuk siku sehingga tangan memegang leher belakang. Ada 4 cara yang bisa dilakukan dengan cara ini. Langkah berikut adalah untuk payudara kanan.
  • Pertama, raba dan tekan payudara dengan tiga ujung jari tangan kiri. Cermati seluruh payudara kanan hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan-gerakan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil arah naik turun.
  • Kedua, lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalam payudara.
  • Ketiga, rabaan dengan arah lurus dari tepi payudara ke puting, dan sebaliknya.
  • Keempat, pencet kedua puting satu persatu. Cermati bila ada cairan yang keluar. Segera konsultasikan jika terdapat cairan.
2. Lakukan dalam posisi tidur. Angkat satu tangan dan telusuri bagian samping payudara lalu lihat dan rasakan untuk mendeteksi benjolan.

3. Posisi wanita berdiri di hadapan cermin. Angkat tangan, lalu busungkan dada. Kemudian, membungkuklah dan biarkan payudara menggantung. Dalam posisi tersebut, perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk. "Jika tidak terdapat benjolan dan tidak perbedaan bentuk tidak terlalu signifikan, berarti tidak ada masalah," kata Doddy.

4. Posisi berdiri dengan tangan terangkat. Ketikan tangan di atas, otomatis otot dada juga naik. Dalam posisi ini, akan terlihat atau terasa jika terdapat benjolan di payudara.


G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Sederhana Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini "

No comments:

Post a Comment